Ganjar Ngaku Siap Nyapres, PDIP Sebut Tak Langgar Aturan

logo pdip

Pernyataan Ganjar Pranowo soal kesiapannya maju sebagai Calon Presiden RI ditanggapi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Menurut Hasto, sikap Ganjar merupakan sesuatu yang wajar sebagai seorang kader partai.

Hasto menegaskan pernyataan Ganjar merujuk pada kader yang mesti turun ke masyarakat untuk mengejar prestasi. Hasto mengatakan sosok capres dan cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Pak Ganjar kan bicara kalau ditugaskan. Ya kalau. Dalam konteks seperti ini kita kan berbicara bahwa skala prioritas saat ini semua kader partai turun ke bawah untuk mengejar prestasi yang setinggi-tingginya di tengah rakyat," kata Hasto seperti dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).

Hasto menggarisbawahi apa yang dikatakan Ganjar mencerminkan kesiapannya mengabdi untuk bangsa dan negara.

"Untuk bangsa dan negara itu semua menyatakan siap seluruh kader partai, karena itulah fungsi mengapa kita punya disiplin kepartaian," ungkap Hasto.

Hasto menjelaskan, pernyataan Ganjar masih dalam konteks pengandaian. Hasto menilai, jawaban Ganjar dalam pernyataannya cukup jelas dan tak ada yang dilanggar.

"Kalau saya lihat dari jawaban Pak Ganjar, kan jelas nih, 'kalau untuk bangsa dan negara, ya semua harus siap'," sebut Hasto.

Sebelumnya Ganjar menyatakan siap jika dirinya diusung sebagai Capres 2024. Hal itu disampaikannya dalam wawancara di salah satu stasiun TV swasta.

"Untuk bangsa dan negara ini apa sih yang kita tidak siap?" kata Ganjar dalam sesi wawancara tersebut, Selasa (18/10).

Adapun deklarasi dukungan terhadap Ganjar sudah dilakukan sejumlah internal partai politik. Di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara eksplisit menjagokan Ganjar sebagai Capres 2024. detik