Zulkifli Hasan Dilantik Jadi Mendag, Langsung Sidak Pasar dan Syok Lihat Harga Pangan

mendag zulkifli sidak pasar dan syok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan posisi Muhammad Lutfi.

Lalu, Zulkifli Hasan pun langsung melakukan serah terima jabatan dengan Muhammad Lutfi di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Dia mengaku kalau dapat panggilan dari Presiden pada selasa malam.

Dirangkum Okezone, Sabtu (18/6/2022) berikut fakta Zulkifli Hasan gantikan Muhammad Lutfi jadi mendag:

1. Dipanggil Presiden Jokowi

Seusai sertijab, Zulkifli menceritakan proses penunjukan dirinya oleh Presiden Jokowi.

"Semalam saya dikasih tau jam 7 diundang ke istana. Dikasih tau ditugaskan ini. Dengan pengalaman pajang saya, maka ditugaskan mendag. Saya bilang, siap perintah laksanakan," ujarnya di Kantor Kemendag, Rabu (15/6/2022)

Dia menyebut pelantikan dirinya juga dadakan.

Bahkan, dia mengatakan diberitahu akan dilantik pada pukul 11:00 siang.

"Saya baru tau mau dilantik tadi, baru dibilangin jam 11.00 WIB. Dan sampe sana (istana) jam 12.00 WIB siang untuk makan siang terlibih dahulu," ungkapnya.

2. Punya Pengalaman yang Dipercaya Presiden

Dia menjelaskan dengan pengalaman dan backgroundnya lah yang membuat presiden memberikan kepercayaan untuk menjadi mendag.

"Bapak presiden bilang, tolong pak zul dengan background yang pak zul miliki suka turun ke bawah, mengerti mikro, mengerti ritel, detail, mengerti soal pangan ketersedian soal minyak dan lainnya," bebernya.

3. Senyum Muhammad Lutfi Lepas Jabatannya ke Zulkifli Hasan

Muhammad Lutfi terlihat tersenyum lebar saat melepas jabatan Menteri Perdagangan ke Zulkifli Hasan. Gambaran itu terlihat dari foto yang dibagikan Kemendag.

Dalam acara tersebut, Muhammad Lutfi tampil dengan kemaja batik berwarna abu-abu.

Senyumnya pun terlihat tak hanya saat menyerahkan jabatannya ke Zulkifli Hasan, tapi juga terpancar saat dia memberikan pidato.

Diketahui, Muhammad Lutfi juga memberikan pidato dalam acara lepas jabatannya.

Namun, dia tetap tersenyum lebar saat menyampaikan pidato kepada tamu yang hadir.

4. Muhammad Lutfi Sebut Dirinya Keset

Diketahui, Muhammad Lutfi mengetahui kalau dia sering dihujat masyarakat soal minyak goreng.

"Saya kalau lapor bos di rumah itu. Saya ini sudah kaya keset. Sudah dinjek-injek sama semua orang. Tapi ya itu risiko jabatan saya, sesuatu yang harus saya terima," cetusnnya dikutip dari laman Instagram resmi Muhammad Lutfi.

5. Zulkifli Hasan Syok saat Pertama Kali Bertugas

Zulkifli Hasan mengaku syok mendengar keluhan dari para pedagang dan pembeli terkait kenaikan harga kebutuhan pokok. "Saya terus terang syok juga ya, karena tadi itu pembelinya ngeluh yang datang juga ngeluh," ungkapnya saat datang ke Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Dia mengatakan beban hidup sekarang terasa meningkat akibat harga kebutuhan pokok yang hampir semuanya naik.

"Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat dan itu kita tadi lihat langsung akibat harga-harga kebutuhan pokok yang semuanya naik hampir semuanya kecuali beras. Hanya beras yang tidak," ucapnya.

6. Tanggapan Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng Curah Dihapus

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan belum ada kepastian perihal wacana penghapusan minyak goreng curah.

"Persoalan minyak goreng masih ditangani oleh Luhut Binsar Pandjaitan dan tim, kalau dihapus nanti hilang semuanya, semua butuh proses," tuturnya.

Dia menyatakan bahwa untuk saat ini dia akan fokus memantau ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar.

7. Bakal Koordinasi dengan Mentan

Dia pun memastikan akan berkoordinasi dengan Menteri Pertanian untuk mengupayakan ketersediaan bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

"Saya besok akan berkoordinasi dengan Menteri Pertanian agar harga-harga yang naik segera ada jalan keluarnya," bebernya. okezone