Jadi Menteri ATR, Hadi Tjahjanto: Target Pertama Saya Sertifikat Tanah

presiden jokowi bagi sertifikat tanah

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto menargetkan 126 juta sertifikat tanah dibagikan kepada masyarakat. Hal ini pun menjadi target pertamanya setelah ditugasi presiden mengurusi Agratia dan Tata Ruang (ATR) serta Pertanahan Nasional.

Hadi mengatakan, Presiden Jokowi memberi tugas untuk menyelesaikan masalah sertifikat rakyat. Di mana saat ini baru terealisasi 81 juta sertifikat.

"Target 126 juta sertifikat tanah. Oleh sebab itu target saya pertama," ujarnya di Istana Negara, Rabu (15/6/2022).

Dalam mengejar target 126 juta sertifikat tanah, dirinya akan melihat permasalahan di lapangan. Selain itu koordinasi dengan instansi terkait juga dilakukan.

"Namun saya lihat permasalah di lapangan apa K2 atau K3 itu akan diselesaikan. Kooridnasi dengan instansi terkait supaya terealisasi," ujarnya.

Sebelumnya, Sertifikat tanah memberikan kepastian hukum bagi masyarakat. Namun keuntungan lain yang dapat diterima, sertifikat tanah bisa diagunkan atau menjadi jaminan untuk mengakses permodalan dari perbankan.

Mantan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra pun berpesan agar tidak tergesa-gesa dalam menggunakan sertifikat tanah untuk mendapatkan akses permodalan dari perbankan.

"Dengan adanya sertifikat ini, godaan akan banyak nanti, kalau kaget dan tergoda nanti bisa-bisa yang tadinya bapak atau ibu biasa melaut dengan tenang, menangkap ikan, dengan sertifikat malah pusing," ujar Surya Tjandra. okezone