Eril Belum Ditemukan, Presiden Jokowi: Semoga Keluarga Diberikan Keikhlasan dan Kesabaran

presiden jokowi

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang sudah 10 hari hilang saat berenang di Sungai Aare Swiss pada 26 Mei 2022 lalu.

"Innalilahi wa innailaihi rojiun. Semua dari Allah dan akan kembali kepada Nya kita semuanya. Kita tidak tahu mengenai kematian. Ini adalah sebuah misteri," ujar Joko Widodo, Sabtu (4/6/2022) kepada awak media usai menyaksikan balap mobil listrik Formula E di sirkuit Ancol Jakarta Utara. Ia menyebutkan dirinya selalu mengikuti perkembangan terbaru mengenai proses pencarian Eril.

"Dan saya sudah telepon saat itu setelah kejadian pak gub RK dan saya juga mengikuti harian, sudah saya perintahkan Kemenlu Kedubes juga ikut membantu semaksimal mungkin," kata Jokowi.

Ia berharap keluarga dari Ridwan Kamil agar sabar dan ikhlas dalam menghadapi kepergian Eril.

"Tapi memang sampai sekarang belum bisa ditemukan dan saya sudah menyampaikan dukacita yang mendalam kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta seluruh keluarga diberikan keiklasan dan kesabaran dalam menghadapinya," pungkas Jokowi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta istrinya Atalia Praratya telah tiba di Indonesia pada 3 Juni 2022 setelah lebih dari sepekan mencari keberadaan Eril yang hilang di Sungai Aare Swiss.

Dalam postingan akun media sosialnya, Ridwan Kamil mengikhlaskan kepergian dari Eril.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun. Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tambah kata Ridwan Kamil. "Wahai Sungai Aare, sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan adzan terbaikku dihadapanmu. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu," tulis Ridwan Kamil.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern menyebutkan pencarian dari Emmeril Kahn Mumtadz (putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil) yang hilang di Sungai Aare, Swiss sejak 26 Mei 2022 lalu kian diintensifkan. okezone