Tol Japek II Selatan Siap Dibuka untuk Mudik Lebaran 2022, Cek Rutenya

tol japek 2 selatan jakarta

Banyak jalur baru yang bisa dicoba saat arus mudik seperti Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Pemudik yang berencana ke Bandung bisa melalui tol tersebut. Bahkan waktu tempuhnya sekira 1 jam. Berikut fakta Tol Japek II Selatan ke Bandung hanya sejam yang dirangkum di Jakarta, Minggu (24/4/2022).

1. Difungsikan Saat Lebaran

Pengelola Tol Japek II Selatan, Jasa Marga (Persero) berencana memfungsikan tol tersebut pada Lebaran. Dari Sadang sampai Kutanegara secara situasional sebagai jalur alternatif dalam rangka menghadapi arus balik.

2. Sedang dalam Tahap Pembangunan

Jalan Tol Japek II Selatan merupakan jalan tol yang sedang dalam tahap pembangunan, menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Saat ini progres konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar – Sadang) telah mencapai 62,17 persen, ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2022 mendatang. Untuk progres pembebasan lahannya pun sudah mencapai progres sebesar 92,04%.

3. Penampakan Tol

Melansir laman resmi Badan Pengantur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian PUPR, Kamis (14/4/2022), Tol Japek II Selatan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Meski demikian, dari semua trase yang ada pada peta Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Kementerian PUPR memaparkan, rencananya akan difungsionalkan yaitu ruas Tol Jakarta Cikampek-Selatan dari simpang susun (SS) Sadang hingga SS Kutanegara.

Jalur Tol Japek II Selatan SS Sadang- SS Kutanegara memiliki panjang 8,6 Km, yang termasuk bagian dari pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar–Sadang).

4. Hanya Berfungsi 1 Lajur Saat Mudik Lebaran

Pantauan MNC Portal, jalan tol yang akan digunakan secara fungsional tersebut memiliki dua lajur jalan. Meski demikian hanya satu lajur jalan yang dapat diakses para pemudik.

Jalan tersebut saat ini sudah ditandai dengan menggunakan cone yang disambungkan dengan tali mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga keluar di SS Kutanegara.

Sedangkan jalur disebelahnya yang tidak bisa digunakan oleh para pengendara, akan menjadi jalur evakuasi dan jalur darurat yang digunakan pihak pengelola jalan tol.

Dari informasi dilapangan hal tersebut dilakukan untuk menghindari bottle neck menjelang jalan keluar tol fungsional itu yang berada di Kutanegara, kabupaten Karawang. 5. Hanya Digunakan dari Bandung ke Jakarta

Tol Jakarta-Cikampek II Selatan beroperasi fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2022. Namun masyarakat harus tahu bahwa jalan tol ini hanya digunakan untuk arah dari Bandung ke Jakarta. Tepatnya dari Jalan Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Adapun fungsional jalan tol ini dari dari Simpang Susun (SS) Sadang s.d Kutanegara sepanjang 8,5 Km.

“Pada periode arus balik, jalur fungsional ini nantinya akan membantu mengurangi kepadatan di SS Dawuan Km 67 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung dan sekitarnya yang melewati Jalan Tol Cipularang serta lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Untuk itulah waktu pengoperasian jalur fungsional ini nantinya mengikuti diskresi Kepolisian dengan melihat situasi lalu lintas terkini,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra.

6. Tarif Masih Gratis

“Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan mulai dari SS Sadang hingga Kutanegara tidak dikenakan tarif, namun pengguna jalan tetap harus melakukan tapping di GT Sadang Fungsional. Di gerbang tol ini, pengguna jalan akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang,” ujar Charles okezone