Lepas Ekspor Pinang Biji, Jokowi Harap Jadi Komoditas Andalan RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas ekspor komoditas Pinang Biji di Jambi pada hari ini. Jokowi melepas kurang lebih 7 kontainer berisi Pinang Biji yang akan di eskpor.

"Pagi hari ini saya mengunjungi provinsi Jambi dan akan melepas 7 kontainer untuk ekspor komoditas pinang biji," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/4/222).

Jokowi menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat 152 ribu hektar lahan yang ditanami pohon Pinang dan 22 ribu hektar nya berada di provinsi Jambi. Jokowi menilai komoditas Pinang Biji sangat diminati beberapa negara di Asia.

"Ini adalah sebuah komoditas ekspor yang banyak dibutuhkan di Thailand, di Iran, di India, di Cina di Pakistan. Dan kita harapan ini nanti akan menjadi sebuah komoditas ekspor dalam jumlah yang yang besar," jelasnya.

Jokowi pun memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menyiapkan varietas yang unggul, baik dan memiliki kualitas yang bagus nantinya dari Pinang Biji. Dan diharapkan dapat mengekspor dalam jumlah yang lebih besar lagi.

"Karena tahun kemarin ekspor kita di seluruh tanah air sebesar Rp 5 triliun lebih. Ini sebuah jumlah yang sangat besar sekali dan sangat baik memberikan income kepada petani-petani. Dan saya harapkan ini akan menjadi salah satu juga komoditas unggulan kita kalau kita kelola dengan manajemen modern, manajemen yang lebih baik," ungkapnya. okezone