Jokowi Bagikan Langsung BLT dan Minyak Goreng, Apakah Kalian Dapat?

jokowi membagikan langsung blt minyak goreng

Presiden Joko Widodo diketahui telah membagi-bagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng di tiga daerah, yakni Kota Jambi, Cirebon, dan Brebes. BLT minyak goreng memang dijadwalkan sudah cair mulai pekan ini. Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng telah dimulai, diberikan oleh Presiden Joko Widodo di Kota Jambi pada Kamis (7/4/2022) lalu.

Jokowi ingin agar bantuan serupa nantinya bisa diberikan tidak hanya di Provinsi Jambi, melainkan di seluruh Provinsi di Indonesia. Jokowi juga meminta agar bantuan tersebut bisa disalurkan kepada masyarakat penerima sebelum Lebaran.

"Tadi sudah kita berikan dan kita harapkan tidak hanya di sini saja. Nanti di seluruh provinsi di Tanah Air, BLT Minyak Goreng bisa segera disalurkan sebelum, saya sudah minta, sebelum Lebaran harus bisa diselesaikan. Seminggu sebelum Lebaran. Ya, saya rasa itu," ujar Jokowi.

Selanjutnya pada Rabu (13/4/2022), Jokowi juga memberikan sejumlah bantuan sosial (bansos) di Pasar Harjamukti, Kota Cirebon. Bantuan yang diserahkan antara lain Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng kepada para peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Saat memberikan bantuan kepada sejumlah ibu-ibu, Presiden Jokowi menitipkan pesan agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebagai modal kerja atau tambahan modal usaha. Presiden juga berpesan agar bantuan serupa tidak digunakan untuk membeli barang lainnya, misal telepon genggam (HP).

"Ini untuk apa ibu-ibu? Untuk tambahan modal usaha. Ingat jangan untuk beli HP," ujar Presiden seperti dikutip dari laman setkab, Kamis (14/4/2022).

Jokowi juga menyerahkan bantuan sosial (bansos) di Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/04/2022) siang. Bansos yang diberikan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dan Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang kaki lima (PKL).

Presiden menyampaikan, saat ini kondisi pandemi COVID-19 di Tanah Air semakin membaik dan para pedagang telah memulai kembali usahanya di pasar-pasar. Presiden pun berharap bantuan yang diberikan dapat membantu meningkatkan usaha para pedagang.

Selanjutnya, Jokowi juga membagikan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi para penerima manfaat dan pedagang di Pasar Tanjung, Kabupaten Brebes. Bantuan yang dibagikan antara lain Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dan Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi para pedagang kaki lima.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6,2 triliun untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng yang akan diberikan kepada 20,65 juta masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan dan Bansos Sembako.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bahwa nominal jumlah BLT minyak goreng sebesar Rp 300.000 per penerima, di mana angka ini terdiri dari Rp 100.000/bulan selama 3 bulan (April-Juni 2022) dan akan diberikan sekaligus di bulan April ini.

"Nah, karena BLT minyak goreng merupakan tambahan penebalan dan perluasan atas program Kartu Sembako, maka para penerima manfaat selain menerima bansos regular sebesar Rp 200.000, mereka pun akan menerima tambahan Rp 300.000 lagi," ujarnya dikutip dari akun Instagram resmi Sri Mulyani, Minggu (10/4/2022).

Selain itu, telah juga dianggarkan Rp 750 miliar untuk bantuan Pedagang Kaki Lima Warung (PKLW) di bidang makanan yang diberikan untuk 2,5 juta PKLW. Untuk bantuan PKLW, para penerima manfaat akan diberikan sebesar Rp 100.000/bulan selama tiga bulan.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, bantuan ini akan segera disalurkan selama bulan Ramadan dan ditargetkan dapat diselesaikan seminggu sebelum hari raya Idulfitri.

Kementerian Sosial akan melakukan penyaluran untuk BLT minyak goreng, sedangkan TNI Polri akan melakukan penyaluran PKLW. Selanjutnya, Pemerintah akan terus mengevaluasi program bantuan ini untuk melihat perkembangan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok selama tiga bulan ke depan. cnbci