Bakal Dipilih Jokowi, Ini Profil 3 Calon Ketua DK OJK

Panitia Seleksi (pansel) anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027 telah menetapkan 21 calon yang akan diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kami menyampaikan kepada Presiden 21 calon yang dinyatakan lulus seleksi" kata Ketua Pansel Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers, Senin (7/3/2022).

Ada tiga orang calon untuk setiap posisi. Pada posisi ketua, sosok yang dipilih adalah Mahendra Siregar, Darwin Cyril Noerhadi dan Iskandar Simorangkir . Berikut profil ketiganya.

Sosok Mahendra memang tak asing lagi bagi publik. Berdasarkan situs resmi Kementerian Luar Negeri, Mahendra diangkat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada tanggal 25 Oktober 2019. Sebelumnya pada awal April 2019, Duta Besar Siregar menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden AS sebagai sebagai Duta Besar Indonesia ke-19 untuk negara tersebut.

Mahendra juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Sawit / Council for Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Sebelumnya, beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Wakil Menteri Keuangan, Wakil Menteri Perdagangan, Ketua dan CEO Indonesia Exim bank dan wakil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Beliau merupakan mantan anggota dewan komisaris pada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, pertambangan, manufaktur, teknologi, barang konsumen dan infrastruktur.

Wakil Menteri Mahendra Siregar memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia di tahun 1986, dan menerima gelar Master Ekonomi dari Monash University, Australia di tahun 1991.

Darwin Cyril Noerhadi adalah Komisaris Utama (Independen) PT Mandiri Sekuritas, Komisaris (Independen) PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, dan Direktur Utama/Senior Managing Director Creador Indonesia. Ia juga Komisaris di RS Hermina.

Sebelumnya, Darwin menjabat sebagai Managing Director/CFO PT Medco Energi Internasional Tbk, Partner PricewaterhouseCoopers Indonesia - Corporate Finance, Direktur Utama PT Bursa Efek Jakarta, Direktur Utama PT KDEI, dan Executive Director PT Danareksa.

Ia meraih gelar Doktor di bidang Strategic Management (cum laude) dari Universitas Indonesia, MBA bidang Keuangan dan Ekonomi dari University of Houston, dan Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung.

Iskandar kini menjabat Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sejak tahun 2017, Ia pernah menduduki posisi sebagai Kepala Perwakilan (Bank Indonesia) (2014-2017), Kepala Departemen (Bank Indonesia) (2013-2014), Kepala Biro/Grup Riset Ekonomi (Bank Indonesia) (2008-2012), dan Peneliti Madya Senior (Bank Indonesia) (2005-2008).

Lahir di Binjai pada tanggal 04 Januari 1963. Ia menempuh pendidikan Sarjana pada jurusan Manajemen di Universitas Udayana. Kemudian Ia menyelesaikan pendidikan Magister pada jurusan Ekonomi Pembangunan di Vanderbilt University USA dan pendidikan Doktoral pada jurusan Ekonomi di Universitas Indonesia.

Sebagai bentuk dari pengabdiannya sebagai Pegawai Bank Indonesia, Ia mendapat penghargaan Masa Pengabdian 25 Tahun (2013) dan Masa Pengabdian 30 Tahun (2018); serta penghargaan tingkat nasional untuk Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (2016). cnbcindonesia