Pedagang Merasa Rugi Jika Jual Minyak Goreng Rp11.500/Liter

Harga minyak goreng di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Makassar masih terbilang mahal selama sepekan terakhir. Salah satunya terjadi di Pasar Tradisional Panakkukan.

Padahal, pemerintah telah melakukan penyaluran minyak goreng murah seharga Rp14 ribu sebanyak 11 juta liter. Namun, tetap tak mampu mempengaruhi penurunan harga minyak di Pasar Tradisional Panakkukan.

Hal ini terbukti dari para pedagang yang menjual minyak kemasan berbagai merek ukuran 900 mililiter hingga 1 liter dan minyak curah seharga Rp20 ribu. Di mana sebelumnya, harga minyak goreng berkisar antara Rp14 ribu -Rp15 ribu per liter.

Seorang pedagang di Pasar Tradisional Panakkukan, Mira mengaku merugi apabila minyak goreng yang mereka jual dibanderol dengan harga murah.

“Jika minyak dijual dengan harga murah pedagang rugi,” kata Mira.

Penyebab cenderung mahalnya harga minyak goreng di Pasar Tradisional Panakkukan diduga karena para pedagang mendapatkan harga minyak Rp18 ribu – Rp19 ribu per kemasan dari distributor atau pemasok.

Meskipun harga minyak goreng terlampau tinggi, minyak yang dijual di Pasar Tradisional Panakkukan ternyata banyak dibeli oleh konsumen. Sebab, penjualan minyak goreng Rp14 ribu di berbagai minimarket sudah habis diserbu masyarakat sekitar.

Maka dari itu, pedagang di Pasar Tradisional Panakkukan masih menanti kebijakan pemerintah terkait penyaluran minyak goreng bersubsidi pada Januari lalu. Apabila sudah menerima stok minyak goreng Rp14 ribu para pedagang akan melakukan penarikan minyak goreng Rp20 ribu.

“Masih menunggu penyaluran minyak goreng subsidi dari pemerintah dan menarik minyak goreng mahal, mengingat pemerintah sudah menerapkan penjualan minyak goreng satu harga yakni Rp14 ribu yang berlaku sejak bulan Januari kemarin,” ujarnya. Sebagai informasi, pemerintah memberlakukan penetapan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng per 1 Februari 2022. Minyak goreng curah ditetapkan sebesar Rp11.500 per liter. Minyak goreng kemasan sederhana, sebesar Rp13.500 per liter. Sedangkan minyak goreng kemasan premium sebesar Rp14.000 per liter. [msn]