Kabar Terbaru! Tenaga Honorer Bisa Diangkat Jadi PNS

Tenaga honorer berencana ditiadakan pada tahun depan. Oleh sebab itu, tenaga honorer mesti menjadi bagian Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Simak 4 fakta menarik tenaga honorer bisa jadi PNS, seperti yang telah dirangkum oleh Okezone, di Jakarta, Sabtu (5/2/2022). 1. Syarat Usia Tenaga Honorer Diangkat PNS

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 48 tahun 2005, tenaga honorer bisa diangkat menjadi PNS jika memenuhi syarat usia seperti:

- Maksimal usia 46 tahun dengan masa kerja 20 tahun atau lebih terus menerus.

- Maksimal usia 46 tahun dan punya masa kerja 10-20 tahun secara terus menerus.

- Maksimal usia 40 tahun dan punya masa kerja 5-10 tahun secara terus menerus.

- Maksimal usia 35 tahun dan punya masa kerja 1-5 tahun secara terus menerus.

2. Ikuti Tes CPNS

Meski begitu, bila belum memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 48 tahun 2005. Bagi tenaga honorer masih dapat mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

3. Ketentuan Peserta CPNS

Dengan memenuhi syarat antara lain berusia minimal 20 tahun dan maksimal 35 tahun, minimal berpendidikan S-1 (perawat/bidan minimal D-3), sehat jasmani rohani. Peserta juga harus memiliki kompetensi di bidangnya, tidak pernah dipidana dengan penjara 2 tahun atau lebih, bukan anggota partai politik maupun terlibat dalam politik praktis.

4. Tidak Pernah Diberhentikan Tak Hormat

Selanjutnya, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta. [okezone]