Jokowi Effect Diyakini Punya Pengaruh Besar di 2024

Gabungan Relawan Jokowi Cirebon Raya akan patuh dengan keputusan politik Jokowi pada 2024 nanti. Lalu seperti apakah pengaruh Jokowi pada Pilpres 2024?

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai relawan akan mengikuti semua sikap politik Jokowi. Dia meyakini Jokowi masih memiliki pengaruh besar pada Pilpres 2024. Hal itu juga dibuktikan dengan survei yang telah dilakukan Parameter Politik.

"Ini data survei Parameter Politik pada Desember 2021 lalu. Secara umum, yang pasti mengikuti Jokowi sekitar 14,3 persen, yang mempertimbangkan 46 persen, dan yang tak ngikuti 27 persen. Itu artinya, Jokowi effect di Pilpres 2024 masih kuat," kata Adi kepada wartawan, Minggu (6/2/2022).

Adi menilai selama ini relawan sangat patuh dengan semua keputusan Jokowi. Relawan Jokowi, kata Adi, juga pasti akan mengikuti semua arahan Jokowi.

"Lalu bagaimana dengan relawan? Selama ini relawan itu sangat patuh dengan Jokowi. Semua sikap politik dan arahan Jokowi pasti diikuti. Saya cukup yakin untuk 2024 relawan Jokowi akan patuh 1.000 persen mengikuti pilihan politik Jokowi," sebutnya.

"Bukan relawan Jokowi namanya kalau tak ikuti fatsoen politik Jokowi. Apalagi sejak 2014 lalu, para relawan itu tumbuh besar bahkan mendapat tempat yang baik di era Jokowi," sambungnya.

Menurut Adi, pada Pilpres 2024 nanti, Jokowi akan mendukung calon yang maju dari PDIP. Jokowi, kata Adi, tak mungkin mendukung calon selain dari PDIP.

"Saya kira Jokowi akan mendukung calon yang nantinya akan diputuskan PDIP. Apapun judulnya Jokowi kader ideologis PDIP, tak mungkin dukung calon lain non-PDIP," jelasnya.

Lalu seberapa kuat pengaruh relawan Jokowi pada Pilpres 2024 nanti. Adi menyebut pengaruh itu masih ada.

"Masih berpengaruh. Karena relawan itu berjejaring dari pusat hingga daerah. Strukturnya terkonsolidasi dengan baik. Tak heran kalau belakangan banyak relawan bermunculan dukung capres tertentu karena jaringan relawan segitu efektif untuk pemenangan. Terutama untuk sosialisasi calon dan melakukan 'serangan darat' ke rakyat," katanya.

Gabungan Relawan Joko Widodo (Jokowi) Cirebon Raya, Jawa Barat, memastikan akan patuh mengenai keputusan politik Jokowi di 2024. Mereka menilai kepemimpinan Jokowi selama ini memuaskan.

"Mengenai politik tahun 2024 pada prinsipnya kita ikut Pak Jokowi," kata penanggung jawab kegiatan silaturahmi relawan Jokowi Cirebon Raya, Wahyudi Laeli, di Cirebon, seperti dilansir Antara, Minggu (6/2). [detik]