Daftar Partai Politik Yang Akan Bersaing Di Bursa Capres 2024

Sejumlah elite parpol berkibar di bursa capres 2024 . Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selalu unggul. Selain Prabowo, elite parpol yang kerap masuk bursa capres adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Misalnya, survei yang dilakukan oleh lembaga Charta Politika pada 29 November - 6 Desember 2021 menyebut, pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Tohir unggul dengan perolehan 33,9%. Posisi kedua ditempati oleh duet Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan suara sebanyak 26,2%.

Posisi ketiga ditempati oleh duet Prabowo Subianto - Puan Maharani dengan 19,6% responden. Sementara itu, survei lain juga dilakukan oleh Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) pada 11 - 25 November 2021.

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas sebagai capres yang akan dipilih publik. Menteri Pertahanan itu memperoleh 23,0% suara dari para responden.

Direktur Eksekutif Lanskap Mochammad Toha pada Selasa 30 November 2021 menyebut bahwa elektabilitas Prabowo tergolong tinggi lantaran sudah 3 kali mengikuti kompetisi kepemimpinan nasional. Hal itu juga bisa saja menjadi sebuah pertanda bahwa masyarakat masih mengharapkan Prabowo untuk dapat mewujudkan visi dan misinya sebagai presiden di pemilu mendatang.

Sementara itu, di posisi ke-3 ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan perolehan 14,1%. Kemudian disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan jumlah suara 13,6%.

Sebelumnya, yakni pada 21 - 30 September 2021, lembaga survei lainnya bernama indEX (Indonesia Elections and Strategic) juga mengadakan survei. Prabowo Subianto adalah elite parpol yang namanya masih muncul sebagai pilihan masyarakat.

Di survei itu, Prabowo menempati posisi ke-2 dengan perolehan 17,1% suara. Di posisi pertama, ada Ganjar Pranowo dengan 17,5%, sementara Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan 13% suara.

Selain itu, ada pula nama-nama elite parpol lain, seperti AHY, Puan Maharani, dan Airlangga Hartarto. Teranyar, survei dari lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) tentang Kepemimpinan Nasional 2024 yang bertajuk “Prabowo Paling Pantas Melanjutkan Program Jokowi” yang diumumkan pada Senin 14 Februari 2022.

Dalam survei SPIN itu, sebanyak 24,5 persen memilih Prabowo sebagai calon Presiden 2024 . Di urutan kedua, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hanya mendapat 13,6 persen.

Kemudian, disusul nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 12,8 persen. Posisi selanjutnya ditempati berturut-turut oleh Ridwan Kamil (6,1 persen); Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (4,4 persen); Sandiaga Uno (4,1 persen); dan Puan Maharani (3,0 persen).

Sedangkan Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa berbagi persentase yang sama 1,6 persen. Di posisi ke-10 ditempati Erick Thohir (1,5 persen); Airlangga Hartarto (1,3 pesen) dan seterusnya. Sementara ada 20,4 persen publik yang masih belum menentukan pilihannya.

Survei SPIN itu dilakukan pada 31 Januari - 11 Februari 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan cara tatap muka dibantu lembaran kuesioner. Survei ini juga menggunakan metode probability sampling dan multistage random sampling dengan Margin of Error (MoE) kurang lebih 2,8 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

sindonews