Jokowi: Banyak yang Tanya ke Saya Anggaran Bangun IKN Nusantara dari Mana?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka-bukaan soal anggaran membangun ibu kota negara (IKN) bernama Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi mengatakan untuk pembangunan kawasan inti pendanaannya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). "Banyak yang bertanya kepada saya, terus anggarannya darimana? untuk kawasan inti yang di situ ada istana dan gedung-gedung kementerian ini memang itu semuanya dari APBN. perkiraan kita 20 persen dari total anggaran yang dibutuhkan, sehingga 80 persen adalah baik KPBU, maupun dari investasi langsung oleh investor," ujar Jokowi, Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Jokowi mengungkapkan bahwa desain ibu kota Nusantara telah disesuaikan yakni banyak perbukitan. Bahkan pihaknya melakukan rehabilitasi hutan pada area yang akan dilakukan pembangunan.

"Jangan sampai ada sebuah anggapan bahwa kita ke sana untuk merusak hutan, yang kita pakai ini 256 ribu hektare nantinya kurang lebih 50 ribu hektar itu yang dipake. Sisanya yang 200rb (hektar) adalah memang akan dibiarkan sebagai hutan hijau yang jelek akan kita perbaiki, yang tidak baik akan kita perbaiki," katanya.

Jokowi juga mengatakan bahwa pihaknya pertama kali akan membangun tempat persemaian serta pembibitan pohon yang produksinya setahun kurang lebih 20 juta bibit atau benih.

"Nanti yang akan menjelaskan lebih detil adalah bu Siti Nurbaya yang saat ini juga sudah bisikin ke saya, pak nurserynya hampir selesai. Artinya apa yang kita kedepankan memang sebuah kota yang sangat ramah lingkungan," kata Jokowi.

okezone