Siap-Siap Indonesia Bakal Diserbu Gula Impor

Harga gula pasir diprediksi akan segera melandai. Pasalnya, gula impor akan segera masuk ke pasar. Harga rata-rata nasionl gula pasir lokal dalam 2 hari terakhir bergerak di atas Rp14.000 per kg, bahkan sempat ke Rp14.200 per kg. "Saya rasa harga gula ini nggak akan naik terus-terusan. Karena sebentar lagi gula impor akan masuk," kata Ketua Umum Ikatan Ahli Gula (Ikagi) Aris Toharisman kepada CNBC Indonesia, Selasa (18/1/2022).

Mengutip situs Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata gula pasir lokal adalah Rp14.050 per kg, naik 0,36% atau Rp50 per kg. Pada sesi pembukaan, harga gula sempat terpantau di Rp14.200. Sementara itu, harga gula pasir premium belum bergerak dari rata-rata Rp15.450 per kg.

"Iya (harga gula pasir lokal masih tinggi). Karena stok di pabrik-pabrik gula (PG) BUMN itu sebenarnya sudah hampir habis. Di PG PTPN Perkebunan Group, ada 50 ribu ton tapi itu sudah kita pasarkan ke KPBN (PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara). Jadi, stok (fisik) yang masih ada di gudang kita itu hanya sekitar 3 ribuan ton," kata pria yang juga CEO PT Sinergi Gula Nusantara (Sugar Co.) itu.

Stok itu di luar stok gula yang saat ini dimiliki holding BUMN Pangan, ID Food yang sebanyak 19.794 ton. Menurut Aris, stok tersebut merupakan milik pabrik PT RNI (Persero).

"Yang menjadi concern kita terakhir adalah stok gula. Stok kita langsung didistribusikan ke masyarakat dan sedang menunggu penyediaan 5 bulan ke depan. Stok gula kami saat ini 19.794 ton, produksi kami rata-rata tahun lalu adalah 280 ribu ton," ujar Direktur Utama Holding BUMN pangan, PT RNI (Persero) Arief Prasteyo Adi saat RDP dengan Komisi IV DPR bersama Perum Bulog di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Karena itu, Aris menambahkan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah meminta produsen gula atau pedagang beras segera melepas stoknya.

"Stok di PG-PG swasta mungkin masih ada banyak mencukupi. Kemendag telah mengeluarkan imbauan agar produsen gula melepas stoknya ke pasar. Kami juga mendapat himbauan itu. Tapi, stok kami sudah tipis, itu pun akan dilepas ke ritel-ritel kita untuk menghadapi masa Ramadan," kata Aris.

Aris optimistis, harga gula pasir di dalam negeri akan segera melandai.

"Ini sedang proses tender, target jadwalnya bisa masuk di Februari nanti. Realisasi impor dari total kuota PTPN III Group yang sekitar 257 ribu ton. Untuk tahap I akan masuk 25 ribu ton raw sugar yang akan diolah jadi gula kristal putih (GKP) setara 23 ribu ton. Dan, 150 ribu ton langsung dalam bentuk GKP," kata Aris. [cmbcindonesia]