Pencairan BLT Desa Desa 2022, Simak Syaratnya

Pemerintah akan kembali mecairkan bantuan sosial (bansos) BLT Dana Desa pada tahun ini. Bantuan itu termasuk klaster perlindungan sosial program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menegaskan alokasi 40% dana desa sebagai bagian dari upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di desa. Dan penggunaannya sesuai kebijakan pemerintah desa.

“Bagian paling penting dari besaran 40 persen dari dana desa untuk BLT Desa. Dengan besaran BLT Desa tersebut, seluruh pihak diajak untuk fokus pada penyelesaian kemiskinan di desa yang mengalami peningkatan akibat Covid-19,” katanya.

Adapun syarat mendapatkan BLT Desa antara lain keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan. Tidak termasuk dalam penerima bansos pemerintah lainnya. Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK). Bila penerima bantuan adalah petani, bantuan dapat digunakan untuk membeli pupuk. KPM (kelompok penerima manfaat) ditetapkan oleh peraturan kepala desa Dan pendataan KPM BLT Dana Desa melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Kementerian Sosial. [okezone]