Namanya di Bursa Pilihan Gubernur DKI dan Jateng, Respons Gibran Tetap Sama

Nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka kembali masuk dalam survei pencalonan. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu disebut memiliki elektabilitas tertinggi dalam Pilgub Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya. Melalui cuitannya, Yunarto menyebut elektabilitas Gibran jauh di atas tokoh-tokoh lain.

"Pilkada jateng nanti sepertinya akan jadi isu nasional lagi kalo liat hasil survei terbaru... Nama Gibran jauh diatas nama-nama lain termasuk walkot semarang & wagub incumbent sekalipun... Akan beda ceritanya kalo disurvei pilkada DKI.. Isu politik dinasti potensi jadi beban...," cuit Yunarto, Jumat (7/1/2022).

Dalam waktu yang sama, beredar pula hasil survei Charta Politika terkait Pilgub Jateng di grup-grup WhatsApp. Dalam survei yang dilakukan pada 28 September-3 Oktober 2021 itu muncul pula nama-nama tokoh lainnya, seperti mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo hingga Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto.

Pada survei popularitas, Gibran mendapatkan angka terbanyak, yakni 52,8 persen. Kemudian disusul Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin dengan angka 10 persen dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dengan angka 6,5 persen.

Pada survei elektabilitas, Gibran juga mendapatkan angka tertinggi, yakni 34,8 persen. Kemudian disusul Taj Yasin dengan 9,3 persen, Hendrar Prihadi 6,9 persen.

Kepada wartawan, Gibran mengaku belum mengetahui terkait survei tersebut. Dia juga mengaku tidak pernah melihat survei.

"Surveinya apa? Aku nggak pernah lihat survei," kata Gibran di Terminal Tirtonadi, Sabtu (8/1/2022).

Gibran menegaskan dirinya masih ingin fokus menyelesaikan pekerjaan di sebagai Wali Kota Solo.

Kita fokus kerjaan di Solo dulu. Tadi lho baru groundbreaking, fokus nyambut gawe (bekerja) dulu. Fokus kerjaan di Solo. Mikir COVID, pemulihan ekonomi," ujarnya.

Gibran juga sempat ditanya dirinya yang dikaitkan dengan Pilgub DKI Jakarta oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Selain itu, PKB pun melirik Gibran dalam pencalonan Gubernur DKI.

"Saya di Solo saja, menyelesaikan pekerjaan dulu, banyak pekerjaan," katanya [detik]