Kriteria Pekerja yang Dapat Rp1 Juta Pencairan BLT Subsidi Gaji 2022

BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta akan kembali dicairkan pada 2022. Program ini kabarnya akan menyasar para pekerja yang kehilangan pekerjaan. Namun, Direktur Jenderal PHI Kementerian Ketenagakerjaan Indah Putri Anggoro mengatakan belum ada keputusan pasti mengenai kabar ini. Dia mengatakan, Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang berwenang memutuskannya. "Keputusan di Komite PEN," kata Indah kepada Okezone, Jakarta.

Jika berkaca kepada pelaksanaan BLT subsidi gaji 2021, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pekerja sebagai calon penerima. Berikut Okezone rangkumkan syarat-syarat penerima BLT subsidi gaji Rp1 juta, Jakarta, Sabtu (1/1/2022).

1. WNI

Untuk mendapatkan BLT subsidi gaji, pekerja/buruh harus merupakan WNI yang dibuktikan dengan NIK.

2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2021

Selain harus memiliki NIK, pekerja/buruh harus memiliki nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang aktif hingga Juni 2021.

3. Memiliki gaji Rp3,5 juta

Gaji pekerja/buruh yang berhak menerima BLT subsidi gaji adalah Rp3,5 juta. Jika UMP atau UMK tempat pekerja/buruh bekerja lebih besar dari Rp3,5 juta, batas gajinya menjadi sebesar UMP atau UMK dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh, Upah Minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312,00 dibulatkan menjadi Rp4.800.000. Maka, pekerja/buruh dengan gaji tersebut berhak mendapatkan BLT subsidi gaji.

4. Bekerja di seluruh wilayah Indonesia

Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 Pasal 3 ayat 2 huruf d yang mengatur persyaratan mendapatkan BSU bagi pekerja/buruh yang bekerja di wilayah PPKM level 3 dan 4 dihapus. Pekerja yang bekerja di seluruh wilayah Indonesia berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk menerima bantuan sepanjang memenuhi persyaratan lainnya.

5. Bekerja di sekitar prioritas

Pekerja/buruh yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan diprioritaskan untuk menerima BLT subsidi gaji. [okezone]