Jadawal Terbaru ASN yang Bakal Pindah ke Ibu Kota Baru di Kaltim

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan memindahkan Ibu Kota Baru ke Penajam Panser Utara, Kalimantan Timur.

Dengan pindahnya Ibu Kota Baru, maka secara otimatis para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta akan ikut pindah juga ke Kaltim.

Lalu, bagaimana strategi pada PNS di Jakarta dipindahkan ke Penajam Panser Utara tersebut. Dikutip dari laman https://ikn.go.id/ disebutkan, ada beberapa para ASN dipindahkan ke daerah sana.

"Pemindahan ASN dilakukan dalam horizon waktu 5 tahun, dimulai pada 2023– 2027, dengan proporsi ±20 persen di setiap tahunnya atau ±25.500 orang per tahun," tulis laman IKN di Jakarta, Senin, 17 Januari 2022.

Dengan demikian, ketika Presiden RI dan Wapres RI pindah ke IKN Baru pada 2024, sebanyak 20 persen dari ASN di tahap pertama sudah siap beroperasi di IKN.

Tentu saja, pemindahan para ASN itu dilakukan secara bertahap. Yang terlebih dulu adalah dari Kementerian dan Lembaga.

"Pemindahan ASN ke IKN dilakukan secara bertahap dengan menentukan kementerian/lembaga yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke IKN," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memperkirakan dari jumlah ASN pemerintah pusat yang ada saat ini sebanyak 4,3 juta orang, dan akan sebanyak satu juta orang yang akan ikut pindah ke ibu kota baru.

Saat ini, jumlah ASN pemerintah pusat sebanyak 939.236 orang atau 22,44 persen dari keseluruhan ASN. Sementara itu, ASN yang bekerja pada pemerintah daerah berjumlah sekitar 3.246.267 orang atau 77,56 persen. [msn]