BLT Subsidi Gaji Cair Lagi di Bulan Ini, Simak Nominalnya

BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah telah berakhir disalurkan pada 31 Desember 2021. BSU termasuk dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bantuan tersebut diprioritaskan bagi pekerja yang terdampak PPKM Level 3 dan 4. Berikut fakta menarik BLT subsidi gaji cair lagi di tahun ini dan ini kata Kemenaker yang dirangkum Okezone, Senin (3/1/2022).

1. Sudah Disalurkan ke 7,8 Juta

Pekerja Direktur Jenderal PHI Kementerian Ketenagakerjaan Indah Putri Anggoro menuturkan, saat ini penyaluran akan terus dilakukan hingga 31 Desember 2021. Dan data terakhir menunjukkan 7.800.240 pekerja yang sudah tersalurkan.

Target penerima yang telah ditentukan sebanyak 8,8 juta pekerja dengan total anggaran Rp8,8 triliun.

2. Pemblokiran Rekening yang Belum Diaktivasi

Dengan telah berakhirnya batas akhir aktivasi rekening baru per tanggal 24 Desember 2021, pukul 23.59 WIB, maka rekening baru yang belum diaktivasi oleh pekerja/buruh telah selesai.

"Kami telah menginstruksikan kepada Bank-bank Himbara selaku Bank Penyalur untuk memblokir rekening baru penerima BSU yang belum melakukan aktivasi," kata Dirjen Putri melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker.

"Kami juga telah meminta Bank Himbara untuk mengembalikan dana BSU pada rekening penerima BSU yang belum aktif ke RPL Penampungan, paling lambat 30 Desember 2021," tambahnya.

3. Sisa Anggaran Kembali ke Kas Negara

Sementara, jika ada sisa anggaran BLT subsidi gaji, maka anggaran tersebut akan kembali ke kas negara. "Iya (ke kas negara)," kata Indah.

4. Rencana Penyaluran BSU Tahun 2022

Indah juga mengungkapkan, untuk penyaluran BLT subsidi gaji pada 2022 tergantung pada keputusan Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). "Keputusan di Komite PEN," kata Indah kepada Okezone, Jakarta. [okezone]