BLT Subsidi Gaji Berakhir, Pekerja Masih Bisa Dapat Rp3,5 Juta! Begini Caranya

Penyaluran BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021 telah berakhir. Untuk tahun ini, pemerintah tidak menyalurkan BLT subsidi gaji untuk pekerja.

Namun, para pekerja masih bisa mendapatkan bantuan Rp3,5 juta. Bagaimana caranya? Bantuan ini merupakan insentif dari program kartu prakerja. Kartu prakerja gelombang 23 akan dibuka pada Februari 2022.

Jika memenuhi syarat, pekerja bisa mendapatkan insentif dengan total Rp3,5 juta.

Alokasi anggaran untuk program Kartu Prakerja 2022 sebesar Rp11 triliun.

Program Kartu Prakerja dibuat dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia dengan cara memberikan pelatihan secara gratis serta bersertifikat. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang sangat berharap agar bisa lolos program tersebut.

Manajemen Kartu Prakerja memberikan informasi bahwa tombol pendaftaran dan penautan rekening di laman dashboard Prakerja telah dinonaktifkan pada Rabu (15/12/2021) pukul 23.59. Pendaftaran akun baru nantinya akan diaktifkan kembali menjelang pembukaan gelombang 23 tahun 2022.

Sebelum pendaftaran program Kartu Prakerja kembali dibuka, Anda perlu mencermati syarat dan cara daftar yang telah ditetapkan.

Mengutip laman resmi Prakerja www.prakerja.go.id, berikut syarat dan cara daftar Kartu Prakerja:

Syarat:

- Warga negara Indonesia (WNI).

- Calon peserta berusia 18 tahun ke atas.

- Calon peserta Kartu Prakerja tidak sedang menempuh pendidikan formal.

- Calon peserta Kartu Prakerja sedang mencari kerja, pekerja/buruh terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

- Calon peserta bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi Covid-19.

- Dalam satu kartu keluarga (KK) hanya diperbolehkan maksimal dua NIK yang menjadi penerima Kartu Prakerja. [okezone]