Jokowi Puji Peran 'Sakti' Ulama dalam Program Vaksinasi Covid

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menghadiri peresmian pembukaan Muktamar ke-34 Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Lampung Tengah, Rabu (22/12/2021).

Berbicara dalam pengarahannya, Jokowi menceritakan bagaimana peran ulama dalam mengajak masyarakat menaati protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

"Ini saya rasakan betul betapa ajakan para kiai, para ulama betul-betul berdampak pada keinginan masyarakat untuk ikut vaksinasi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, pada awal program vaksinasi banyak masyarakat yang tidak percaya. Apalagi, jika suntikan vaksin menggunakan vaksin AstraZeneca.

"Begitu keluar yang namanya vaksin AstraZeneca, banyak daerah yang tidak mau mengambil padahal saat itu stok yang banyak adalah AstraZeneca," jelasnya.

Namun, pada saat itu para ulama mengambil sikap untuk ikut membantu pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi. Jokowi mengaku bersyukur akan hal itu.

"Saat itu ada telepon dari para kiai dari Jawa Timur. Pak Presiden silakan semuanya vaksin kirim ke Jawa Timur kami terima. Besoknya saya ke Jawa Timur betul para kiai berkumpul dan benar-benar semuanya mau menerima vaksin itu," jelasnya. [cnbcindonesia]