BLT Subsidi Gaji Segera Berakhir, Buruan Aktivasi Rekening Himbara

BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta akan segera berakhir. Oleh sebab itu, pekerja/buruh diminta agar mengaktivasi rekening Bank Himbara untuk mencairkan dana BLT subsidi gaji Rp1 juta. Jika pekerja telah memenuhi syarat penerima BLT subsidi gaji bisa mengecek rekening, saldo rekening akan bertambah Rp1 juta. Berikut lima fakta BLT subsidi gaji yang akan segera berakhir, seperti yang telah dirangkum oleh Okezone, di Jakarta, Senin (6/12/2021). 1. Tersalur ke 7,1 Juta Pekerja Hingga kini, BLT subsidi gaji telah tersalurkan kepada 7.163.043 penerima. Perluasan dari penerima sebatas pekerja/buruh terdampak PPKM level 3 dan level 4 menjadi 1,6 juta pekerja di seluruh wilayah Indonesia.

2. Via Transfer Bank Himbara

Sekadar informasi, Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan, pemerintah telah bekerja sama dengan bank Himbara akan membuatkan rekening baru bank himbara. Oleh sebab itu, BSU yang diterima akan ditransfer langsung ke rekening yang telah dibuatkan. “Pemerintah bekerja sama dengan bank Himbara BNI, BTN, BRI, dan Mandiri akan membuat rekening baru bank Himbara. Jadi, BSU mu akan ditransfer langsung ke rekening baru yang dibuatkan itu,” ujar Kementerian Ketenagakerjaan.

3. Tenggat Waktu Aktivasi Rekening Himbara

Bagi pekerja yang telah terdaftar BSU ini diimbau untuk segera mengaktivasi akun rekening kolektif bank Himbara oleh pemerintah. Aktivasi terakhir ditargetkan pada 15 Desember 2021.

"Jangan lupa, aktivasi rekening baru tersebut paling lambat 15 Desember 2021. Kalau sampai lewat tanggal tersebut rekening baru belum diaktivasi, maka dana BSU akan dikembalikan ke kas negara,” tulis Kemnaker.

4. Cara Cek Status Penyaluran BSU

Untuk mengetahui status penyaluran BSU, masyarakat dapat mengunjungi bsu.kemnaker.go.id. Kemudian, buat akun pada situs. Selanjutnya, kunjungi menu profile atau melalui profile.kemnaker.go.id untuk melihat notifikasi penyaluran BSU. "Kami berharap penyaluran BSU tahun 2021 dapat berjalan lancar dan benar-benar membantu pekerja/buruh yang terdampak COVID-19," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

5. Syarat Penerima BLT Subsidi

Gaji Berikut syarat penerima BLT subsidi gaji: - Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK - Peserta aktif pr

ogram jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021 - Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000 maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312 dibulatkan menjadi Rp4.800.000 - Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah - Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK) [msn]