Pemerintah Pastikan Kartu Prakerja Lanjut Tahun Depan

Pemerintah memastikan program kartu Prakerja akan berlanjut pada tahun depan. Selain itu, nantinya program ini akan diadakan secara offline atau tatap muka juga. "Kartu prakerja akan dilanjutkan tahun depan dan dalam enam bulan programnya masih sama, enam bulan berikutnya diharapkan kita sudah bisa membuat program yang luring (offline)," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di acara Economic Outlook 2022, Senin (22/11/2021). 1. Kartu Prakerja nantinya bukan cuma sekadar bansos saja

Selain itu Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini memastikan, program Kartu Prakerja ini akan kembali ke konsep awalnya, yakni menjadi program yang mendorong pelatihan kemampuan atau reskilling untuk kebutuhan digitalisasi ke depan.

"Kartu Prakerja juga dinilai World Bank sebagai program pemerintah yang memberikan akses modal kepada masyarakat, meningkatkan daya beli, dan berikan pelatihan yang sesuai situasi masyarakat saat ini," kata Airlangga.

2. Kartu Prakerja buat pasar baru di bidang edutech

Airlangga mengatakan program Kartu Prakerja juga membuat pasar baru, yaitu pasar di sektor edutech atau pendidikan melalui sarana daripada digital. Hal ini karena program ini melibatkan 1.700 program kursus digital dengan platform.

"Ini juga mendorong inklusi keuangan. Karena banyak orang yang ikut kartu Prakerja untuk pertama kalinya memiliki rekening dalam bentuk e-wallet. Jadi ini akselerasi yang mendapat apresiasi masyarakat dan global," ucapnya.

3. Sudah ada 11,4 juta masyrakat ikut program Kartu Prakerja

Selama dua tahun pelaksanaan program Kartu Prakerja, Airlangga menyebut sudah ada 11,4 juta masyarakat yang mengikuti pelatihan atau kursus.

Salah satu platform digital yang menyediakan pelatihan Kartu Prakerja, Bukalapak mencatatkan market share lebih dari 30 persen dan menjadi market leader sebagai platform digital penyedia pelatihan Kartu Prakerja.

Berdasarkan keterangan tertulis Bukalapak, ada lima pilihan kursus pelatihan baru yang memiliki tren positif dan kian diminati oleh peserta Kartu Prakerja:

Skill Academy - Menyusun Strategi Manajemen Talenta dan Teknik Wawancara bagi Asisten Sumber Daya (HR)

Studilmu - Meningkatkan Kemampuan Pengelolaan Waktu Sesuai Tuntutan Pekerjaan bagi Tenaga Perkantoran Umum

Cakap - Belajar Menawarkan Barang atau Jasa Melalui Telepon untuk Telesales

Arkademi - Kursus Mengoperasikan Komputer dan Ms Word untuk Juru Ketik Kantor

Skill Academy - Menjual Produk dan Mendapatkan Pelanggan Baru untuk Sales (Kanvas) [msn]