Pekerja Kantongi BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta, Ini Jadwal Pencairannya

BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta bakal dipercepat penyalurannya ke 1,6 juta pekerja. Data terbaru menunjukkan, kini pencairannya telah rampung ke 467 ribu pekerja. Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri mengatakan, akhir minggu ini penyaluran BLT subsidi gaji akan kembali dilaksanakan.

Di samping itu, pihaknya tak menutup kemungkinan adanya penerima bansos lain pada 1,6 juta pekerja yang menerima BLT subsidi gaji. Sebab itu, dirinya mengatakan akan terus melakukan verifikasi data pada penerima. Sementara, 467 ribu pekerja/buruh yang dananya telah dicairkan itu telah diverifikasi dan bersih. "Ini yang sudah bersih, kita salurkan dulu, bertahap," katanya.

- Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK - Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021

- Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000 maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312 dibulatkan menjadi Rp4.800.000 - Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah - Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK) [okezone]