Jokowi: Kondisi Dunia Saat Ini Penuh Ketidakpastian, Kita Harus Siaga

Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya.

Presiden mengingatkan, semua pihak harus siaga menghadapi ketidakpastian tersebut.

"Sekali lagi kita harus mulai mengaktifkan ekonomi kita dan selalu siaga menghadapi semua hal yang tidak pasti," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2021 secara resmi yang digelar di Istana Bogor, Rabu (20/10/2021).

Dia melanjutkan, kondisi dunia internasional saat ini juga penuh dengan sejumlah ketidakpastian dan keragu-raguan.

"Penuh dengan kompleksitas masalah yang sebelum-sebelumnya tidak pernah terjadi," ucapnya.

Dia kemudian mencontohkan, misalnya China dan beberapa negara Eropa mulai mengalami krisis energi. Kondisi ini sebelumnya tidak pernah diduga.

Meski demikian, menurut Kepala Negara, Indonesia diuntungkan dengan kondisi ini karena harga sejumlah komoditas naik.

"Saya yakin daerah-daerah yang diuntungkan utamanya yang punya kelapa sawit, batubara senang semuanya. Yang punya nikel, tembaga semuanya senang karena ekonomi dan hasil komoditas akan merangkak naik. Insya Allah merangkak naik," ucap Jokowi.

Oleh karenanya, dia menyambut baik digelarnya Apkasi Otonomi Expo kali ini.

Menurut Jokowi, ajang ini bertujuan memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah sekaligus memperkuat ekspor ke negara-negara lain. Ini termasuk untuk memperluas pasar ekspor baru.

Dia pun berpesan agar pasar dalam negeri yang sangat potensial, yang sangat besar harus diperhatikan. "Jangan sampai pasar yang sangat besar ini diambil produk-produk negara lain," ucap Jokowi. [msn]