Berbuat Dosa Bareng Wanita di Kamar, Pria Ini Divonis 6 Tahun Penjara

Zainuddin Manalu, divonis 6 tahun penjara oleh majelis hakim dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Medan

Majelis Hakim yang diketuai Dominggus Silaban menilai terdakwa yang tertangkap basah mengonsumsi sabu-sabu bersama seorang wanita dalam kamar itu terbukti bersalah melanggar pasal 114 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Menjatuhkan pidana pidana penjara selama enam tahun, denda satu miliar rupiah, subsidair tiga bulan penjara,” kata Hakim.

Sementara itu, teman wanitanya yakni Icha Risa divonis lebih rendah yakni tiga tahun enam bulan penjara. “Menyatakan terdakwa Icha Risa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana narkotika Penyalahguna narkotika golongan I bagi diri sendiri secara bersama-sama melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Junto (Jo) Pasal 55 ayat (1) huruf a UU RI No35/2009 tentang Narkotika,” kata Hakim. Usai mendengar vonis hakim, kedua terdakwa sempat memohon agar diringankan hukumannya.

“Ini sudah vonis, dikasi waktu tujuh hari buat pikir-pikir,” kata Hakim menutup sidang. Sebelumnya, dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Priono Naibaho menuturkan perkara keduanya bermula pada Rabu (6/1/2021) lalu

Dikatakan jaksa, terdakwa Icha Risa bersama Zainuddin Manalu ditangkap petugas Polrestabes Medan di Jalan Gaperta Gang Amal, Kecamatan Medan Barat, tepatnya di sebuah kamar.

Kemudian petugas kepolisian menemukan serta menyita barang bukti dari rumah Zainuddin Manalu berupa delapan bungkus klip sabu-sabu, satu unit timbangan elektrik, dan mancis kompor. “Ada juga bong (alat isap sabu-sabu) di dalamnya ada pipet kaca, masih ada sisa pakai narkotika berat bruto 1,50 gram.

Ditemukan di bawah wastafel dapur rumah Zainuddin tempat terdakwa berada,” kata Jaksa. Dikatakannya, Icha mengakui bahwa sisa narkotika yang terdapat pada bong tersebut, adalah narkotika yang diterimanya dari Zainuddin dan telah mereka gunakan bersama.

“Selanjutnya terdakwa dan barang bukti dibawa ke Polrestabes Medan guna pengusutan lebih lanjut,” pungkas Jaksa..[jpnn]