4 Fakta Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta Lewat BRI dan BNI

Kementerian Koperasi dan UKM menyalurkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM tahap kedua hingga akhir Juli 2021.

Ditargetkan tersalur kepada 1,5 juta pelaku usaha mikro. Rencana penyaluran BPUM tahap dua akan dibagi dalam tiga waktu.

Berikut fakta-fakta yang dikumpulkan Okezone tentang BLT UMKM yang akan diterima pelaku UMKM, Jakarta, Minggu (25/7/2021).

1. BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair

Pemerintah menggelontorkan bantuan setelah PPKM Darurat diberlakukan. Salah satunya Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM 2021.

Diketahui, setiap penerima BPUM tahap ketiga ini akan mendapatkan bantuan sejumlah Rp1,2 juta. Adapun pelaku UMKM harus mendaftar ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten/Kota setempat untuk mencairkan dana bantuan tersebut.

Bantuan akan disalurkan melalui BNI atau BRI. Oleh karena itu, pelaku UMKM yang sudah mendaftar bisa mengecek lolos atau tidaknya pada link eform BNI dan BRI.

2. Para Penerima Bantuan Mengecek Melalui BNI

Berikut cara mengecek penerima bantuan UMKM 2021 di eform BNI:

1. Kunjungi laman e-form BNI di banpresbpum.id

2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Klik Cari

4. Layar akan menampilkan pemberitahuan apakah pelaku UMKM tersebut mendapatkan BPUM atau tidak

5. Jika terdaftar sebagai penerima BPUM 2021, pelaku UMKM bisa mencairkan dana bantuan dengan langsung datang ke kantor BNI dengan membawa dokumen, seperti buku tabungan, kartu ATM, KTP, dan SPTJM.

3. Cara Cek Penerima BLT UMKM di BRI

Berikut cara mengecek penerima bantuan UMKM di eform BRI, yaitu:

1. Kunjungi laman e-form BRI di https://eform.bri.co.id/bpum

2. Masukkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Isi kolom kode verifikasi dengan menggunakan kode yang tertera di layar 3. Kemudian klik Proses Inquiry

4. Setelah itu, layar akan menampilkan pemberitahuan kepada pelaku UMKM tersebut apakah mendapatkan BPUM atau tidak

5. Jika terdaftar sebagai penerima BPUM 2021, pelaku UMKM bisa mencairkan dana bantuan dengan langsung datang ke kantor BRI dengan membawa sejumlah dokumen, seperti buku tabungan, kartu ATM, KTP, dan Surat Penyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

4. Tahapan Pembagian BLT UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, rencana penyaluran BPUM tahap dua akan dibagi dalam tiga waktu. Pertama sampai akhir Juli 2021 sebanyak 1,5 juta pelaku usaha mikro, lalu Agustus sebanyak 1 juta pelaku usaha mikro, dan September 500 ribu pelaku usaha mikro.

“Secara total akan disalurkan kepada 3 juta pelaku usaha mikro yang beberapa di antaranya masih dalam proses migrasi dan cleansing jadi jumlahnya keseluruhan Rp3,6 triliun,” kata Teten.[okezone]